Rabu, 02 November 2016

Program Kerja Gerakan Literasi SMPN 2 Kotabaru Karawang

Kemampuan berliterasi peserta didik berkaitan erat dengan tuntutan keterampilan membaca yang berujung pada kemampuan memahami informasi secara analitik,kritis dan reflektif. Akan tetapi, pembelajaran di sekolah saat ini belum mampu mewujudkan hal tersebut. Fakta menunjukkan bahwa pemahaman membaca peserta didik Indonesia pada tingakat sekolah menengah tertinggal jauh di bawah negara-negara lain.

Gerakan literasi merupakan gerakan membaca buku dan menulis yang dimulai dari tingat SD sampai SMA.  Program ini mulai dirintis sejak tahun 2012 untuk meningkatkan minat membaca dan menulis bagi para siswa. Para pioneernya adalah guru-guru yang mengikuti pelatihan  “Workshop Perintis Komunitas Literasi Sekolah Jenjang SD dan SMP” dipangggil oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
Gerakan Literasi Sekolah SMPN 2 Kotabaru Karawang


Gerakan literasi sekolah di SMP Negeri 2 Kotabaru dilaksanakan berdasarkan arahan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karawang yang mengirimkan para perintis yang terdiri dari kepala sekolah dan seorang guru mengikuti Work Shop di Lembang Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan Work Shop tersebut dilaksanakan dari tanggal 27 sampai 29 Juli 2016.  

Untuk selanjutnya gerakan literasi sekolah di SMP Negeri 2 Kotabaru dikembangkan dengan melibatkan guru, yang disatukan dengan program ekstrakulikuler. Setiap guru membimbing siswa asuhannya sebanyak 8 kelompok, dimana setiap kelompoknya terdiri dari 5 orang.


Selain hal tersebut di atas program yang dikembangkan di SMP Negeri 2 Kotabaru adalah gerakan wajib membaca satu judul buku perminggu yang dibimbing langsung oleh guru bahasa Indonesia. Setiap siswa diwajibkan membaca satu judul buku setiap minggunya dengan meminjamnya dari perpustakaan. Buku tersebut direviu oleh siswa sebelum dikembalikan lagi ke perpustakaan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Animated Pink Pencil